Minggu, 12 April 2009

MIDNIGHT COMMANDER

GNU Midnight Commander (mc) adalah free cross-platform file manager ortodoks dan clone dari Norton Commander.

Midnight Commander merupakan aplikasi konsol dengan teks antarmuka pengguna.. Antarmuka utama terdiri dari dua panel yang menampilkan file sistem. Digunakan dalam cara yang sama ke banyak program lain dijalankan di shell Unix. Arrow tombol kontrol seleksi berkas, memasukkan kunci yang digunakan untuk memilih file dan Fungsi Tombol melakukan operasi seperti nama, mengedit dan menyalin file. Nanti versi dari Midnight Commander juga memiliki mouse dukungan untuk memudahkan pengoperasian. Seperti versi yang sadar GPM X dan terminal emulators yang mendukung mouse pelaporan. Ketika berjalan di dalam terminal X, versi ini dapat memperbarui nama di jendela yang dijalankan Midnight Commander (jika diizinkan oleh terminal emulator).

Midnight Commander fitur termasuk kemampuan untuk melihat isi dari RPM paket file, yang bekerja dengan format sebagai arsip umum jika mereka hanya direktori lain, dan berfungsi sebagai FTP atau IKAN klien. Midnight Commander juga termasuk salah satu yang disebut editor mcedit. mcedit fitur termasuk sintaks penyorotan untuk beberapa bahasa, dan kemampuan untuk bekerja di kedua ASCII dan hex mode. User juga memiliki pilihan untuk menggantikan mcedit dengan editor pilihan mereka (Menu Pilihan> Konfigurasi> [Jangan] Gunakan Edit internal).

GNU Midnight Commander 4.1.36 berjalan pada Windows Vista
Midnight Commander juga dapat mengubah nama grup file, tidak seperti sejumlah file lain manajer yang hanya dapat mengubah nama salah satu file pada satu waktu. Hal ini mudah untuk memanipulasi koleksi file besar, misalnya untuk membuat mereka yang baru untuk memenuhi konvensi penamaan. Midnight Commander juga dapat memindahkan file yang berbeda untuk direktori pada saat yang sama seperti renames mereka. Itu memungkinkan pengguna menentukan hasil yang asli dan nama file menggunakan karakter wildcard. Hal ini membuat kuasa kalimat biasa di Unix atau Linux yang tersedia untuk nama file, dengan user interface yang nyaman. Selain itu, pengguna dapat memilih apakah akan memanfaatkan "shell pola" (otomatis pengelompokan wildcard). Semua fitur yang tersedia dengan menggunakan File> Ganti Nama / Pindahkan menu pilihan. (Pressing F1 would then produce a brief explanation of the options, including examples of how to use wildcards.) (Tekan F1 maka akan menghasilkan sebuah penjelasan singkat pilihan, termasuk contoh cara menggunakan wildcard.)
Midnight Commander sekarang termasuk di sebagian besar distribusi Linux dan berlisensi di bawah GNU General Public License.

Sangat populer di Linux karena sedang berdasarkan teks antarmuka serbaguna, seperti ncurses atau S-Lang, yang memungkinkan untuk bekerja pada sebuah konsol biasa, di dalam X Window terminal, melalui koneksi SSH dan semua jenis kerang jauh.

0 komentar: